Konfigurasi

Cara Migrasi Mail Account dari Hosting Lain ke Plesk Panel

Diterbitkan tanggal 2 February 2017 oleh anggun

Kilat Plesk telah hadir untuk masyarakat Indonesia. Ketangguhan dan fleksibilitasnya mengundang antusiasme yang tinggi. Tidak sedikit yang ingin menjajalnya termasuk melakukan migrasi mail server mereka ke Kilat Plesk. Contoh skenarionya yang sering ditemui misalnya: seorang pelanggan hosting A berencana untuk melakukan perpindahan ke hosting B, sedangkan hosting A menggunakan Cpanel dan hosting B menggunakan Plesk Panel. Apa yang harus dilakukan? Caranya dengan melakukan proses migrasi server. Server lama dipindahkan ke hosting B. Data yang begitu penting seharusnya bisa dimigrasikan, contoh saja mail, database, dan yang lainnya.

Di bawah ini merupakan cara melakukan migrasi mail dari Cpanel ke Plesk Panel. Langkah ini bisa dilakukan jika pelanggan sudah terlebih dahulu menggunakan akun email POP3 server di email client.

1. Akun POP3 sudah tersedia

2. Berikut merupakan isi mailbox yang akan dipindahkan



3. Lalu IP domain yang awalnya menggunakan IP cpanel diubah menjadi IP Plesk Panel

4. Proses perpindahan atau propagasi DNS ini membutuhkan waktu sekitar 24 - 48 jam atau lebih.


5. Akses plesk panel

6. Buat akun/user email yang sama


7. Akses email client, yaitu Thunderbird, lalu buat akun email dengan menggunakan IMAP server. Lalu drag dan copy mailbox yang ada di POP3 ke IMAP.

8. Jika isi mailbox ada saat Mail Server dicoba akses melalui Plesk (webmail), maka proses migrasi telah selesai.


Sekian tutorial untuk melakukan migrasi mail ke Plesk Panel. Pastikan segala operasional teknis cloud hosting Anda berjalan dengan lancar demi keberlangsungan roda bisnis Anda. CloudKilat menawarkan layanan berkualitas dan pelayanan terbaik yang mungkin Anda dapatkan, dengan begitu sisa fokus Anda bisa disalurkan pada aspek non teknis. Jika ada kendala ataupun keluhan jangan ragu untuk menghubungi layanan bantuan 24 jam dari kami.